fbpx

Compare Listings

Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi?

Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi?

Lebih Murah Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi? Simak Perbandingannya Berikut Ini

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer yang mutlak harus dipenuhi. Tanpa rumah, seseorang pasti akan kesulitan untuk melanjutkan hidupnya. Sejauh ini, ada dua opsi yang dipilih oleh seseorang yang ingin mendapatkan tempat tinggal, yakni membeli rumah atau kontrak rumah. Dilihat dari sisi manapun tentu mempunyai rumah pribadi jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan menyewa atau kontrak.  Namun, pada saat seseorang berniat untuk memiliki rumah pribadi, biasanya dia akan galau untuk menentukan apakah sebaiknya bangun rumah sendiri atau lebih baik beli yang sudah jadi saja. Masing-masing opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri sehingga jika Anda sedang menghadapi masalah yang sama, Anda harus memikirkannya dengan baik.

Keuntungan yang Akan Didapat Jika Bangun Rumah Sendiri

Resiko Hutang Bisa Lebih Ditekan

Adakalanya seseorang terlalu memaksakan dirinya sendiri untuk memiliki rumah dengan cara yang kurang sehat dari sisi finansial, contohnya adalah dengan berhutang dan mencicil dengan bunga yang sangat tinggi. Nah, apabila Anda lebih memilih untuk membangun rumah sendiri, tentunya resiko tersebut bisa lebih ditekan dan Anda pun tidak perlu memikirkan biaya cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

Anda hanya perlu menyiapkan tanah. Nanti masalah pembangunan bisa Anda lakukan kapanpun Anda punya dana. Nah, kalau dana ini belum tersedia, maka Anda bisa menangguhkan pembangunan tersebut tanpa perlu memaksakan dana dengan cara berhutang.

Harga Tanah Justru Lebih Murah

Apabila hendak dibandingkan, antara membeli rumah yang sudah jadi dengan membeli tanah untuk dibangun rumah di atasnya, jelas membeli tanah adalah cara yang tepat untuk menghemat uang. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu membayar lebih sebagai biaya bangunan yang ada di atasnya.

Anda bisa memiliki tanah tersebut dengan harga yang cukup terjangkau. Dan kalaupun Anda belum punya cukup uang untuk langsung membangun rumah sampai jadi di atasnya, Anda bisa melakukannya dengan cara sedikit demi sedikit saat ada biaya. Memang ini membuat Anda harus menunggu lama untuk bisa menempati rumah tersebut, namun membangun rumah seperti ini lebih fleksibel dari segi biaya.

Proses Pembangunan Bisa Lebih Menyesuaikan pada Budget

Masih menyambung dari kelebihan yang sebelumnya, jika Anda membangun rumah sendiri, ini bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda punya. Contoh, jika budget Anda saat ini terbatas, Anda bisa membangun rumah minimalis saja. Untuk selanjutnya jika ada biaya lagi, Anda bisa meningkatkan luas rumah tersebut.

Kalau kebetulan budget menipis di tengah-tengah pembangunan, maka pembangunan bisa dihentikan sementara sambil menunggu adanya dana. Dan begitu dana sudah tersedia, Anda bisa melanjutkan pembangunannya.

Bebas Menerapkan Desain yang Diinginkan

Nah, ini juga menjadi salah satu keuntungan dari bangun rumah sendiri yaitu Anda bebas mendesain rumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Anda bebas menentukan jumlah kamar yang akan dibuat, bagaimana tata letak ruangan yang Anda inginkan, bagaimana bentuk keseluruhan rumah dan lain-lain.

Apabila sudah jadi, biasanya rumah ini akan jauh lebih berkesan karena merupakan hasil kreasi pribadi. Sementara jika Anda membeli rumah yang sudah jadi, otomatis Anda harus menerima berbagai hal yang ada di dalamnya, termasuk tata letak ruangan.

Keuntungan yang Akan Didapat Jika Beli Rumah Jadi

Bisa Menyiapkan Uang Tabungan untuk Renovasi

Membeli rumah sudah jadi itu artinya Anda tidak perlu menyiapkan dana pembangunan. Nah, dana pembangunan tersebut nantinya bisa Anda alihkan sebagai biaya renovasi di masa yang akan datang. Memang masalah renovasi ini belum bisa diketahui dengan pasti kapan waktu pelaksanaannya.

Namun, setelah beberapa tahun rumah tersebut ditempati, pasti akan ada bagian-bagian yang mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki. Entah kerusakan itu sifatnya ringan ataupun berat, Anda sebaiknya memang menyiapkan uang untuk ini sedini mungkin, karena tidak bisa dipungkiri juga bahwa renovasi itu memerlukan biaya yang lumayan tinggi.

Sistem in House Bisa Membuat Anda Lebih Hemat Biaya Tinggal

Saat Anda beli rumah jadi dengan cara dicicil, Anda bisa memilih sistem in house. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menempati rumah tersebut langsung sekalipun Anda belum lunas membayarnya.

Nantinya cicilan itu bisa Anda bayar sembari menempati rumah tersebut. Tentunya sistem ini bisa membuat Anda lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengontrak atau menyewa hunian yang lainnya.

Bisa Langsung Ditempati dan Praktis

Karena rumah yang akan Anda beli adalah rumah jadi, otomatis Anda bisa langsung menempatinya begitu pembayaran atau kesepakatan telah dilakukan. Tentunya, membeli rumah jadi seperti ini adalah opsi yang bagus untuk dipilih oleh Anda yang sibuk atau memerlukan rumah dengan segera.

Namun jika Anda lebih memilih untuk membangun rumah sendiri, jelas Anda tidak bisa langsung menempatinya dan otomatis harus menunggu sampai proses pembangunan selesai dilakukan.

Tidak Ada Biaya Pembangunan

Membeli rumah yang sudah jadi juga merupakan jawaban yang tepat untuk Anda yang ingin menekan biaya pembangunan. Anda bahkan bisa kapan saja menghuni rumah tersebut tanpa perlu khawatir proses pembangunan akan terhenti sewaktu-waktu saat budget menipis.

Tentunya, membeli rumah jadi seperti ini juga membantu Anda untuk segera melaksanakan rencana yang selanjutnya, contoh menabung untuk keperluan lain atau memulai bisnis. Selain itu, lingkungan dan fasilitas rumah juga lebih terjamin baik dari segi keamanannya maupun kenyamanan.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Baru dan Rumah Bekas

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Baru

Jika Anda lebih memilih untuk membeli rumah yang sudah jadi, maka Anda akan kembali dihadapkan pada dua opsi, yaitu membeli rumah jadi yang masih baru atau yang sudah bekas saja. Untuk rumah yang masih baru mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah penampilannya lebih kinclong, lebih menarik dan kondisinya juga masih prima belum ada kerusakan di dalamnya.

Selain itu, ada kemungkinan rumah baru ini belum mempunyai banyak tetangga, sehingga cocok untuk Anda yang tidak suka dengan lingkungan yang ramai. Kemudian, pihak developer pasti sudah menyiapkan berbagai fasilitas dalam rumah tersebut bahkan termasuk asuransi.

Sementara kekurangan membeli rumah baru ialah harganya cenderung tinggi dan infrastrukturnya juga belum lengkap, mulai dari listrik, air, telepon sampai dengan surat rumah juga belum ada sehingga Anda masih harus menunggu sampai semuanya dibereskan oleh developer.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Bekas

Jika Anda lebih memilih untuk membeli rumah bekas, maka Anda tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu banyak karena rata-rata rumah bekas harganya miring. Selain itu, rumah bekas bisa langsung Anda tempati karena sebelumnya sudah pernah dihuni sehingga fasilitas-fasilitas seperti listrik dan air sudah ada dan bisa langsung digunakan.

Namun kekurangan rumah bekas ialah ada kemungkinan untuk Anda harus melakukan renovasi dulu. Hal ini dikarenakan rumah bekas itu sudah pernah ditinggali sebelumnya sehingga bisa saja ada beberapa bagian yang rusak di dalamnya.

Baca Juga: Buat Keluarga dan Pasangan Baru yang Ingin Punya Rumah? Simak Dahulu Tips Menarik Membeli Rumah

Related posts

Tips Memiliki Rumah Impian Di Usia 20-an

Strategi Jitu Memiliki Rumah Impian di Usia 20-an Rumah atau hunian adalah salah satu aset...

Continue reading

Tanah Dijual Tidak Kunjung Laku? Lakukan 5 Hal Ini!

Tanah Dijual dengan cepat memang bukan hal mudah. Terutama bila cara yang dilakukan tidak benar dan...

Continue reading

Buat Keluarga dan Pasangan Baru yang Ingin Punya Rumah? Simak Dahulu Tips Menarik Membeli Rumah

Rumah menjadi hal pertama yang diidamkan pasangan maupun keluarga baru. Kebanyakan dari mereka yang...

Continue reading

Join The Discussion