fbpx

Compare Listings

Tips Membeli Apartemen Baru

Tips Membeli Apartemen Baru

Untuk setiap generasi membeli apartemen termasuk sebagai salah satu pilihan cerdas. Terutama saat memutuskan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Hal tersebut dipertimbangkan dari harganya yang lebih terjangkau. Selain itu bagi Anda yang tinggal di perkotaan atau pinggiran kota, dengan memiliki hunian pribadi cukup sulit diwujudkan. Hal ini terjadi karena harganya yang tinggi dan ketersediaan rumah tapak sangat minim di perkotaan. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama dalam membeli dan memilih apartemen yang layak menjadi hunian. Berikut adalah tips membeli apartemen baru untuk anda.

5 Tips Membeli Apartemen Baru untuk Hunian

Pilih Apartemen Sesuai Kebutuhan

Saat Anda ingin membeli apartemen, pastikan sudah mengetahui jenis-jenisnya dan sesuaikan dengan kebutuhan. Apartemen sendiri terdiri dari 3 jenis, seperti unfurnished atau tidak memiliki furniture sama sekali, full furnished dengan bangunan siap pakai ditinggali dan semi furnished yang memiliki sebagian furniture.

Perhatikan juga ukuran apartemen, mulai dari studio atau tanpa sekat, satu kamar, 2 kamar, 3 kamar sampai apartemen lebih dari 3 kamar atau luxury. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, hindari memilih hanya berdasarkan keinginan saja. Hindari juga gengsi dalam membeli hunian untuk tempat tinggal, dengan begitu keuangan juga tetap akan sehat.

Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang strategis termasuk salah satu cara dalam memilih apartemen yang cukup penting dan wajib menjadi pertimbangan. Jika tempat tinggal dekat dengan kantor, tempat pembelanjaan atau tempat lainnya. Maka aktivitas dapat dilakukan dengan leluasa.

Tapi jika lokasinya memiliki jarak yang jauh, antara ke kantor dan ke tempat lain. Maka pilih yang mudah dijangkau transportasi. Seperti transportasi umum, stasiun kereta dan yang lainnya.

Pastikan Fasilitas yang Tersedia

Dalam memilih apartemen, pastikan juga fasilitas yang tersedia di sekitarnya dan apa yang Anda dapatkan dari pengembang apartemen tersebut. Jadi Anda dapat memiliki gambaran kenyamanan saat sudah mulai tinggal di apartemen.

Pastikan juga untuk meluangkan waktu mencari tahu tentang fasilitas umum yang ada di sekitar apartemen. Seperti klinik kesehatan, sekolah, bank, rumah sakit dan fasilitas lainnya. Hal tersebut sangat mendukung semua aktivitas keseharian yang Anda lakukan.

Mempertimbangkan Keamanan

Meskipun Anda sudah tinggal dalam sebuah apartemen, tapi kondisi keamanan di sekitar lingkungan juga tetap harus dipertimbangkan. Jangan lupa ketahui juga layanan keamanan yang akan didapatkan selama tinggal di apartemen tersebut.

Hal ini dilakukan karena masih sangat berhubungan dengan tingkat kenyamanan selama tinggal di sana. Mulai dari petugas keamanan, dilengkapi CCTV pemantau kondisi keamanan dan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Dapatkan Developer Terbaik

Jika Anda sudah memastikan semua hal di atas, jangan lupa untuk lebih berhati-hati dalam memilih developer. Pastikan memilih developer terbaik dan memiliki reputasi yang sudah jelas dari awal.

Hal tersebut sangat penting dilakukan karena sebagai penjamin keamanan transaksi pembelian apartemen yang Anda lakukan. Lihat dan cermati izin serta hal penting lainnya yang masih terkait pembelian unit apartemen.

Jangan sampai Anda mengalami masalah setelah membeli apartemen, apalagi hanya karena salah dalam memilih developer. Beli apartemen dengan teliti, lakukan berbagai pertimbangan dengan matang dalam banyak aspek untuk mendapatkan kenyamanan selama Anda tinggal di apartemen.

Jenis-jenis Apartemen Hunian yang Harus Diketahui

Apartemen Studio

Apartemen studio ini termasuk jenis yang sering kita dengar. Memiliki luas 20 sampai 30 meter persegi. Pada bagian dalam ruangan menggunakan konsep 1 ruang, sudah termasuk kamar mandi, dapur dan kamar tidur.

Sekilas tipe apartemen ini sama seperti kamar hotel, karena bentuknya yang sederhana dan termasuk tipe paling kecil dari kebanyakan tipe yang sering di tawarkan di Indonesia.

Apartemen Alcove Studio dan Convertible Studio

Apartemen alcove studio ini memiliki luas yang hampir sama dengan apartemen studio. Tapi bentuk ruangannya seperti huruf L, terdapat ruang paling kecil yang bisa dijadikan kamar tidur supaya lebih privasi.

Sedangkan convertible studio termasuk apartemen studio plus. Memiliki ukuran lebih besar untuk membuat ruang berdinding sebagai pembatas yang digunakan sebagai kamar.

Apartemen Loft

Apartemen loft ini memiliki langit-langit atau plafon yang cukup tinggi. Dengan jendela besar dibandingkan tipe apartemen lain. Sekilas tampilannya seperti loteng dengan tambahan setengah lantai atau loft dan bisa digunakan sebagai kamar tidur. Apartemen jenis ini sangat populer di berbagai negara, seperti Eropa dan Amerika. Karena memiliki sirkulasi udara yang baik dan lebih luas.

Apartemen Junior Bedroom

Untuk apartemen tipe ini terdiri dari junior 1 bedroom, 2 bedroom, 3 dan 4 bedroom. Memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan tipe studio. Pada junior 1 ini memiliki konsep ruang tergabung dan memiliki pembatas dinding antara dapur dengan ruang tidur. Junior 4 terdiri dari 4 ruang terpisah, antara dapur, ruang tamu, kamar tidur dan ruangan kecil lain. Biasanya ruang kecil tersebut digunakan sebagai ruang kerja.

Apartemen Garden

Apartemen ini memiliki 2 letak apartemen, pertama akan menghadap ke taman jika memiliki taman. Kedua terletak di bagian basement, baik bagian bawah atau bawah tanah. Dengan begitu, letak jendela menjadi lebih rendah dibandingkan dengan halaman yang ada di luarnya.

Ciri-ciri Apartemen yang Banyak Disukai

Desain Interior Menarik

Setiap orang sendiri memang selalu menginginkan suasana rumah yang indah, nyaman dan dapat memanjakan mata. Oleh karena itu, memiliki apartemen dengan desain interior yang menarik lebih banyak diminati dan disukai. Hal ini juga terkesan lebih memiliki rumah idaman sendiri, apalagi dengan penempatan furniture dalam apartemen.

Memiliki Potensi Berkembang

Apartemen yang banyak diminati masyarakat ini dengan memiliki berbagai fasilitas penunjang gaya hidup. Mulai dari bangunan apartemen konsep modern sampai fasilitas yang mampu meningkatkan kualitas hidup yang mampu meningkatkan kualitas hidup para penghuni yang tinggal di apartemen. Seperti pusat hiburan, gedung perkantoran sampai pusat kesehatan berupa rumah sakit dan yang lainnya.

Memiliki Harga yang Terjangkau

Harga memang menjadi prioritas utama sebelum memilih tempat tinggal, termasuk pembelian apartemen. Karena pada umumnya, apartemen ini berada di pusat kota metropolitan seperti Jakarta.

Tapi sebagai alternatif, banyak orang yang lebih mempertimbangkan dalam membeli apartemen yang berada di luar pusat kota seperti kawasan penyangga. Dengan begitu ada cukup banyak yang lebih memilih membeli apartemen.

Selain itu harga tersebut juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan. Sesuaikan dengan kualitas rumah, luas tanah, lokasi dan yang lainnya. Jangan mudah memilih rumah yang ditawarkan dengan harga yang murah tapi gampang rusak.

Jadi bagi Anda yang ingin membeli apartemen ada baiknya untuk memperhatikan tips-tips penting seperti di atas. Mulai juga dengan menabung sebelum membeli apartemen. Dengan begitu, pembelian apartemen akan sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Anti Repot, Ini 7 Keuntungan Jika Pilih Tinggal di Apartemen

Related posts

Anti Repot, Ini 7 Keuntungan Jika Pilih Tinggal di Apartemen

Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan pokok setiap manusia yang hidup di bumi ini. Tanpa rumah...

Continue reading

Join The Discussion