fbpx

Compare Listings

Tips Memiliki Rumah Impian Di Usia 20-an

Tips Memiliki Rumah Impian Di Usia 20-an

Strategi Jitu Memiliki Rumah Impian di Usia 20-an

Rumah atau hunian adalah salah satu aset berharga yang kerap kali menjadi impian semua orang untuk bisa memilikinya. Oleh sebab itu, beragam cara dilakukan supaya bisa mewujudkan memiliki rumah impian tersebut. Salah satu bagian dari masa depan adalah hunian yang nyaman yang bisa dijadikan tempat istirahat terbaik. Dari segi budget, tentu saja bukan hal yang murah untuk bisa membelinya.

Namun setidaknya ada perencanaan yang matang. Salah satu hal bijak dan bagus apabila dibahas adalah keinginan anak muda untuk memilki di usia 20-an. Bisa dikatakan bahwa usia 20-an adalah usia yang sangat produktif untuk menghasilkan sesuatu. Sebagai seseorang yang bijak tentu saja akan sangat sayang jika melewatkan nya begitu saja. Jangan sampai hal ini terjadi pada dirimu.

Harus adanya perencanaan matang. Tentu bisa belajar dari orang-orang yang sudah berhasil duluan memiliki rumah impian di usia muda. Jangan pernah berhenti berusaha. Meski demikian, ada beberapa strategi yang benar-benar harus diterapkan untuk hal tersebut. Strategi ini bisa diterapkan sebagai cara jitu agar dapat memperbesar peluang mendapatkan rumah impian di usia 20-an.

Strategi-strategi Terbaik untuk Memiliki Rumah Impian di Usia 20-an

Jangan Sesekali Menghamburkan Uang

Adapun langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah tidak menghambur-hamburkan uang. Jika selama ini banyak yang salah kaprah karena berpikir bahwa masa muda tidak akan terulang, maka nikmati saja dengan seutuhnya. Hal ini tentu saja keliru. Seharusnya pikiran sudah mengarah pada, karena tidak bisa terulang, maka apa yang dilakukan di masa muda akan berdampak besar di masa tua.

Bayangkan saja jika di masa muda, sebagian besar kegiatan hanya dihabiskan untuk bersenang-senang, menghabiskan uang dan lain sebagainya. Dengan demikian, kebiasaan ini akan terbawa-bawa hingga tua. Perlu diingat bahwa tidak selamanya keuangan bisa stabil, tetaplah mempersiapkan segala sesuatunya dan berhati-hati dalam membelanjakan uang di masa muda.

Setidaknya, sisihkan sebanyak 20% dari gaji yang diperoleh tiap bulannya. Sebaiknya, buatlah rekening khusus untuk tabungan. Sekecil apapun yang disisihkan, tentu akan sangat bermanfaat di kemudian hari. Jika tidak memilih metode menabung maka bisa memilih investasi seperti halnya deposito dan juga reksadana. Dengan demikian, keuangan kamu akan lebih teratur dengan baik.

Mulai Berinvestasi Emas dan Logam Mulia

Setelah tabungan dirasa cukup, maka selanjutnya adalah menginvestasikan uang tersebut ke dalam bentuk logam mulia maupun emas. Kamu bisa memulai dengan membeli emas 25 gram. Meski harganya mencapai 13 juta hingga 15 juta, namun jika kamu rutin mengumpulkan gajimu, otomatis nominal yang demikian bisa tercapai dengan sendirinya. Kamu harus yakin dan senantiasa berusaha untuk itu.

Jika kamu masih bimbang mengapa memilih emas, maka jawabnya adalah disebabkan inflasi yang tinggi. Harga emas juga cenderung lebih stabil jika dibandingkan dengan nilai tukar mata uang yang ada. Untuk cari aman, maka lebih baik menginvestasikan uang ke dalam bentuk emas. Tabungan akan tetap aman bagaimanapun kondisi perekonomian yang ada di dunia.

Mengumpulkan Emas Secara Disiplin

Berikutnya adalah mengumpulkan emas secara disiplin dan konsisten adalah salah satu cara memiliki rumah impian. Adapun artian disini adalah konsisten sehingga apa yang dilakukan sebelumnya akan tetap dilakukan hingga bisa menemukan harga rumah yang punya nilai yang sama. Ketika merasa bahwa nilai tukar emas dengan rumah yang diincar sudah sesuai, maka segera melakukan survey terhadap bursa properti sehingga bisa menemukan rumah yang tepat.

Kamu perlu mempertimbangkan banyak hal ketika memilih hunian. Misalnya saja seperti lokasi yang aman dari banjir, strategis dan mudah menjangkau pusat-pusat keramaian, serta keamanan yang mumpuni. Hal ini akan membuat nilai hunian yang kamu beli akan tetap bernilai ketika ingin dijual kembali. Perlu diingat agar simpanan emas mencukupi, maka setidaknya butuh 4 sampai 5 tahun untuk itu.

Disiplin untuk Membayar Cicilan Rumah

jika tadinya kamu sudah berhasil membayar uang muka rumah yang akan kamu beli, maka tetaplah disiplin membayar cicilan. Jangan pernah berpikir jika sudah membayar DP, maka rumah itu sudah menjadi milikmu. Tetaplah bekerja keras mengumpulkan uang untuk membayar cicilan sebagaimana kamu dahulu bekerja keras mengumpulkan uang untuk membayar DP rumah.

Hal ini memang dirasa cukup berat di tengah kondisi gajimu yang tidak besar. Namun tahukah kamu bahwa bisa memiliki rumah di usia 20-an adalah hal yang akan sangat berpengaruh kepada impian masa depan kamu. Jangan pernah meremehkan bentuk aset yang satu ini. Sampai kapanpun akan banyak yang mengincar untuk segera memilikinya.

Ketika masih muda, maka bertekat dengan kuat untuk segera melunasi cicilan yang sedang dijalani. Tetaplah yakin betapa indahnya ketika kamu sudah bisa memiliki rumah sendiri di usia muda. Kamu bisa membuat prioritas lain yang menjadi impian sehingga bisa lebih baik lagi dalam menata kehidupan ke depannya. Masa tua pun bisa terencana dengan lebih baik.

Tetap Menyisihkan 20% Gaji Ketika Cicilan Sudah Selesai

Jika kamu berpikir bahwa dengan berhasil melunasi cicilan maka kamu bisa bersenang-senang dan tidak perlu mengatur keuangan secara intensif, maka hal tersebut adalah sesuatu yang keliru. Masa depan bukanlah sekadar memiliki aset rumah melainkan juga perencanaan ke depannya yang harus lebih matang.

Kamu tentu punya perencanaan untuk membangun sebuah keluarga sehingga kebutuhan kamu akan semakin banyak. Berhasil melunasi rumah tentu saja akan membuat kamu lebih tenang. Maka selanjutnya kamu harus bisa merencanakan lebih baik tentang bagaimana cara terbaik untuk membangun keluarga kamu. Jangan pernah menghilangkan kebiasaan menyisihkan 20% gaji untuk ditabung.

Modal Lebih Besar, Bisa Meningkatkan Kualitas Hunian

Berikutnya adalah kamu bisa meningkatkan kualitas hunian. Namun dengan catatan, kamu sudah memiliki modal cukup. Rumah yang tadinya sudah kamu lunasi bisa dijual untuk mendapatkan hunian yang lebih baik kualitasnya. Meningkatkan kualitas hunian tentu saja bagian dari usaha untuk meningkatkan kualitas hidup.

Lagi-lagi kamu harus terus gigih menyisihkan uang lebih baik dan memanajemen uang kamu dengan lebih baik lagi. Ada ragam keinginan dan mimpi lebih besar lagi yang perlu kamu wujudkan. Buatlah mimpi yang lebih besar hingga akhirnya kamu akan bersemangat dalam bekerja.

Cobalah Mencari Pekerjaan Sampingan

Gaji pokok tidak akan cukup memenuhi dan mewujudkan mimpi dan keinginan kamu yang semakin besar. Oleh sebab itu, pandai-pandailah untuk mencari pekerjaan sampingan sehingga pemasukanmu lebih terbantu dan kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak lagi. Kamu bisa melakukan pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi atau bekerjasama dengan anggota keluarga untuk membuat usaha.

Hal ini akan membantu keuanganmu tetap stabil. Kamu akan lebih baik dalam mengusahakan mimpi-mimpimu untuk segera terwujud. Semangatlah untuk terus menghasilkan uang dari apa yang kamu kerjakan. Selama itu baik dan bermanfaat, mengapa tidak. Kamu harus tetap konsisten dan yakin bisa berhasil dengan hal itu.

Selain itu, pekerjaan sampingan akan membantu mengembangkan lebih banyak skil untuk diasah. Bukan tidak mungkin kamu akan lebih berkembang dan menemukan ide baru yang bermanfaat untuk karir mu.

Baca Juga: Buat Keluarga dan Pasangan Baru yang Ingin Punya Rumah? Simak Dahulu Tips Menarik Membeli Rumah

 

Related posts

Cara Merawat Rumah Tanpa Harus Menghabiskan Banyak Uang

Tak sedikit orang yang mengidamkan punya rumah yang besar dan bagus. Keinginan tersebut sebenarnya...

Continue reading

Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi?

Lebih Murah Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi? Simak Perbandingannya Berikut Ini Rumah adalah...

Continue reading

Tanah Dijual Tidak Kunjung Laku? Lakukan 5 Hal Ini!

Tanah Dijual dengan cepat memang bukan hal mudah. Terutama bila cara yang dilakukan tidak benar dan...

Continue reading

Join The Discussion