fbpx

Compare Listings

Anti Hutang, Begini Caranya Renovasi Rumah Murah

Anti Hutang, Begini Caranya Renovasi Rumah Murah

Sekuat apapun rumah pada saat awal berdiri, pasti suatu saat perlu direnovasi. Dan untuk merenovasi rumah jelas memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bahkan tidak jarang juga biaya yang dikeluarkan melebihi anggaran yang telah direncanakan. Pembengkakan biaya seperti ini sering terjadi pada orang-orang yang belum tahu cara merenovasi rumah dengan biaya yang murah, renovasi rumah murah.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi pada Anda, maka Anda harus mempunyai pengetahuan yang dimaksud tersebut supaya biaya yang telah Anda anggarkan bisa dialokasikan dengan baik. Kalaupun biaya itu harus ditambah nantinya, penambahan nya juga tidak terlalu banyak. Adapun cara melakukan enovasi rumah murah seperti yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Cara Merenovasi Rumah dengan Biaya yang Murah – Renovasi Rumah Murah

Tentukan Titik Prioritas Renovasi Rumah

Apabila budget yang Anda sediakan sangatlah terbatas, maka Anda harus memprioritaskan bagian yang kerusakannya paling parah terlebih dahulu. Untuk ini, Anda harus melakukan pengamatan langsung pada setiap sudut rumah, lalu catat bagian mana saja yang kiranya perlu untuk direnovasi.

Menentukan titik prioritas renovasi ini nantinya akan sangat membantu Anda sebagai patokan dalam membeli bahan bangunan, supaya Anda tidak mengeluarkan uang hanya untuk membeli berbagai bahan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Menghitung Rencana Pengeluaran 

Setelah Anda berhasil menentukan titik-titik mana saja yang perlu direnovasi, selanjutnya Anda bisa menghitung rencana pengeluaran. Mengenai perhitungan rencana pengeluaran ini bisa Anda lakukan sendiri maupun dengan bantuan orang-orang yang sudah ahli di bidang ini.

Tentunya perhitungan tersebut harus Anda lakukan secara rinci sejak tahap awal pembongkaran hingga penyelesaian dan apa saja yang diperlukan untuk mendukung setiap tahapan renovasi rumah murah tersebut.

==============================

Tabungan Udah Cukup, malas renovasi rumah, sudah saatnya anda jual rumah dan beli yang baru. Klik Disni http://35.240.239.208/status/dijual/

================================

Mulai Lakukan Survei Terhadap Toko-Toko Bangunan

Jika Anda selesai melakukan rencana pengeluaran, Anda bisa lanjut dengan melakukan survey terhadap toko-toko bangunan. Dalam hal ini Anda harus meluangkan cukup waktu supaya bisa membandingkan harga antara di toko yang satu dengan toko yang lainnya.

Sebaiknya Anda tidak langsung membeli bahan bangunan di toko pertama yang Anda kunjungi, karena Anda tidak tahu apakah toko ini benar-benar memberikan harga yang terbaik atau justru sebaliknya.

Jangan malas untuk melakukan survey tersebut, tetapi kalau Anda tidak punya waktu yang cukup untuk itu, Anda bisa menanyakan hal ini pada tetangga, teman atau siapapun yang Anda kenal dan sudah pernah merenovasi rumahnya.

Tetap Utamakan Keselamatan

Meskipun budget Anda untuk renovasi rumah ini terbatas, tetapi Anda tetap harus mengutamakan keselamatan anggota keluarga yang akan mendiaminya. Anda boleh membeli bahan bangunan yang harganya murah, namun pastikan bahwa harga yang murah tersebut cukup mampu untuk menjamin keselamatan anggota keluarga Anda.

Karena ada beberapa material yang benar-benar harus diutamakan kualitasnya seperti rangka atap, fondasi, pipa dan lain-lain. Kemudian untuk cat dinding, meskipun ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh untuk keselamatan seperti itu, tapi sebaiknya Anda juga memilih yang berkualitas, supaya hasilnya lebih awet dan Anda pun tidak perlu melakukan cat ulang setiap tahun. Bisa untuk berhemat juga kan?

Gunakan Bahan yang Masih Layak Pakai

Katakanlah Anda mempunyai beberapa bahan bangunan yang sudah bekas, entah itu hasil renovasi yang sebelumnya atau justru renovasi yang masih akan dilakukan ini, sebaiknya bahan tersebut tetap Anda gunakan selama bahan yang dimaksud masih layak untuk dipakai.

Pilih Kontraktor atau Tukang?

Ada banyak kontraktor yang siap membantu Anda dalam merenovasi rumah. Namun, jika Anda ingin menggunakan bantuan mereka, pastikan Anda memilih dengan baik dan teliti. Jangan sampai Anda keliru memilih kontraktor yang tidak berpengalaman karena harganya lebih murah. Walaupun harga jasanya lebih mahal, sebaiknya Anda tetap mengutamakan kontraktor yang sudah berpengalaman.

Atau kalau Anda tidak ingin biaya membengkak karena hal ini, Anda bisa menggunakan jasa tukang saja. Memang kesannya tradisional, namun dibandingkan dengan kontraktor, jasa tukang seperti ini lebih ampuh dalam menekan pengeluaran.

Tetap Sediakan Budget Tambahan untuk Pengeluaran yang Tak Terduga

Sebaiknya Anda juga menyediakan budget lain di luar anggaran sebagai antisipasi kalau-kalau nanti Anda harus membeli bahan lain yang luput dari perhitungan. Tapi ingat, jangan lantas Anda membelanjakan budget tersebut untuk hal-hal yang sifatnya tidak perlu karena sebenarnya hal inilah yang membuat pengeluaran jadi membengkak.

Contoh mudahnya begini, tetangga Anda sudah merenovasi rumahnya dengan menggunakan marmer dan kayu jati. Anda sebaiknya tidak mengikuti tindakan tetangga tersebut kalau kondisi keuangan Anda tidak memungkinkan, sekalipun Anda mempunyai budget tambahan.

Cara Mudah Mengumpulkan Budget untuk Renovasi Rumah Murah

Simpan Uang Kembalian yang Didapat saat Belanja

Banyak orang yang menganggap remeh uang kembalian saat belanja, apalagi jika uang kembalian tersebut adalah uang receh. Jelas ini bukanlah hal yang baik karena bagaimanapun uang receh tersebut tetap bisa dipakai untuk ditukar dengan sejumlah barang.

Bahkan, jika Anda rajin mengumpulkan uang receh yang Anda dapat dan jumlahnya juga cukup banyak, Anda bisa menggunakannya untuk membeli beberapa bahan bangunan yang Anda butuhkan seperti cat dinding. Jadi, mulai saat ini, kumpulkan uang receh yang Anda dapat dalam satu tempat, lalu hitung jumlahnya setelah beberapa bulan Anda mengumpulkannya. Pasti hasilnya akan cukup banyak.

Kurangi Nafsu untuk Jajan

Kalau biasanya Anda suka jajan, rokok, makan di luar, ngopi di luar atau yang lainnya, sebaiknya Anda kurangi kegiatan tersebut. Karena mau disadari atau tidak, jajan, rokok, cemilan, kopi dan berbagai hal tersebut sebenarnya menghabiskan cukup banyak uang.

Simpan Bonus yang Anda Dapat

Jika Anda mendapat bonus dan THR setiap tahunnya, sebaiknya Anda simpan saja, kecuali jika untuk membiayai hal-hal yang sifatnya tahunan juga seperti pajak kendaraan dan PBB. Sedangkan untuk biaya hidup sehari-harinya, gunakan gaji bulanan saja. Berhemat dulu agar cita cita renovasi rumah murah dapat terlaksana

 

Baca Juga: Keren Abis! Ini Dia Pilihan Desain Unik Untuk Renovasi Rumah yang Kekinian Banget!

Referensi : https://www.allhomes.com.au/advice/diy-home-renovation-guide/

 

Related posts

Keren Abis! Ini Dia Pilihan Desain Unik Untuk Renovasi Rumah yang Kekinian Banget!

Bosan dengan tampilan rumah yang sekarang? Segera lakukan renovasi rumah agar Anda dan keluarga...

Continue reading

Join The Discussion