fbpx

Compare Listings

Tanah Dijual Tidak Kunjung Laku? Lakukan 5 Hal Ini!

Tanah Dijual Tidak Kunjung Laku?  Lakukan 5 Hal Ini!

Tanah Dijual dengan cepat memang bukan hal mudah. Terutama bila cara yang dilakukan tidak benar dan sembarangan. Supaya tanah cepat laku dijual dan menarik pembeli. Penjual harus pintar-pintar membuat strategi untuk menarik pembeli yang tepat. Berikut ini akan di paparkan beberapa hal mengenai tips berjualan tanah, cara pembuatan iklan yang baik, dan cara menentukan harga tanah.

Tips agar Tanah Dijual Lekas Laku

Legalitas Atas Tanah yang Terpercaya

Sebelum mulai memasarkan tanah selalu pastikan kelegalan dari tanah dijual. Persiapkan dokumen penting yang berkaitan dengan tanah tersebut. Perhatikan juga kelengkapan dari dokumen tanah dijual. Sebaiknya ketahui dengan baik sejarah jual beli dari tanah yang akan dijual. Sehingga penjual dapat memberikan info rinci mengenai tanah yang dijual bila ada pembeli yang bertanya.

Dokumen yang lengkap akan sangat membantu menggambarkan kondisi tanah dengan sebenarnya pada pembeli. Apabila suatu tanah punya perizinan yang baik, maka pembeli akan merasa lebih aman untuk bertransaksi. Dari situ akan timbul kepercayaan dengan penjual.

Melakukan Pengamatan

Penjual pemula sebaiknya tidak gegabah dalam memasarkan dan menjual tanah. Bila salah mengambil langkah, penjual mungkin akan mendapat kerugian. Selain itu, penjual mungkin akan kesulitan untuk menjual tanahnya. Sebab persiapan dan cara yang digunakan tidak tepat.

Penjual dapat mengatasi hal ini dengan melakukan sedikit pengamatan. Perhatikan beberapa iklan tanah, lihat informasi apa saja yang perlu untuk diketahui pembeli. Supaya proses berjualan tanah menjadi lebih cepat, susun sebuah strategi sederhana untuk menarik pembeli dan berikan target waktu.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Tanah

Hal ini mungkin terdengar sepele. Namun pembeli akan menilai seberapa terpercaya tanah yang dijual dengan melihat pemahaman penjual akan tanah tersebut. Penjual yang kurang paham dengan kelebihan dan kekurangan tanah yang dijualnya, membuat pembeli berpikir ulang untuk membeli tanah tersebut.

Penjual perlu menganalisis singkat beberapa hal terkait kondisi tanah yang dijual. Perhatikan kelebihan apa yang dimiliki dari tanah tersebut. Lihat apakah tanah tersebut punya kekurangan entah dari kemudahan pengaksesan atau kondisi tanah secara keseluruhan. Jika perlu buatlah deskripsi singkat mengenai tanah tersebut.

Promosi Tanah Dijual

Cara ini mutlak untuk dipersiapkan dan dilakukan dengan baik. Pemasaran yang kurang baik akan mengurangi peluang tanah untuk dijual dengan cepat. Penjual perlu melihat seberapa besar peluang tanah untuk dijual dan kepada siapa tanah bisa dijual. Dengan begitu, maka promosi tanah akan lebih terarah.

Penjual dapat memanfaatkan berbagai media sebagai cara mempromosikan tanah. Pilihlah media yang banyak dijadikan referensi membeli tanah oleh kebanyakan orang. Supaya kemungkinan promosi tanah akan dilihat banyak orang dari berbagai kalangan menjadi makin besar.

Bekerja Sama dengan Pihak Lain

Penjual yang merasa kesulitan dalam memasarkan tanahnya dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain. Penjual dapat bekerja sama dengan pengembang supaya tanahnya cepat terjual. Pengembang akan menjadikan tanah sebagai lokasi pembangunan sehingga tanah punya nilai jual. Dengan begitu, penjual akan mudah menjual tanahnya dan mendapat keuntungan.

Cara Membuat Iklan Tanah Dijual yang Benar

Sertakan Foto Tanah Dijual

Ada banyak media yang dapat digunakan untuk mengiklankan tanah. Penjual harus memilih media mana yang paling tepat untuk memasarkan tanahnya. Perkirakan media mana yang dapat menarik pembeli supaya tanah cepat laku.

Setelah media ditentukan ambil beberapa gambar terkait lokasi tanah. Sertakan foto tersebut pada iklan yang akan dipasang. Foto akan sangat membantu pembeli memperoleh gambaran lokasi dan kondisi tanah. Serta membuat tampilan iklan lebih menarik dan terpercaya.

Cantumkan Harga

Ketiadaan informasi harga di dalam iklan akan membuat pembeli ragu pada iklan yang dipasang. Karena itu, pasanglah harga jual dari tanah pada iklan. Supaya pembeli lebih mudah menentukan kesanggupannya. Pemasangan harga iklan juga dapat memastikan bahwa pembeli yang akan menghubungi penjual adalah pembeli yang memang berniat untuk bertransaksi.

Nomor Kontak

Informasi ini wajib disertakan dalam iklan tanah. Sebab, ini berguna untuk memudahkan calon pembeli untuk menghubungi penjual tanah. Tanpa nomor kontak, tidak mungkin iklan akan di respon dan menarik pembeli.

Penjual perlu mencantumkan kontak yang mudah di hubungi. Berikan nomor yang selalu aktif. Sehingga saat ada pembeli yang ingin bertanya atau membeli tanah tersebut, bisa menghubungi penjual dengan cepat dan mudah.

Informasi Singkat Mengenai Tanah yang akan Dijual

Iklan tanah dijual tidak akan berguna jika tidak memberi info yang berarti tentang tanah yang akan dijual. Penjual harus menyertakan informasi singkat seputar tanah yang akan dijual, agar pembeli memperoleh bayangan tentang kondisi tanah.

Informasi tanah dapat meliputi beberapa hal seperti lokasi, kondisi sekitar lokasi tanah, kemudahan akses, dan lainnya. Semakin lengkap informasi yang tercantum maka makin besar peluang tanah terjual. Informasi lengkap juga dapat menghemat tenaga dan waktu dari penjual untuk menjelaskan pada pembeli, mengenai gambaran tanah yang dijual.

Bahasa serta Tatanan Iklan

Setiap media iklan punya syarat dan bentuk yang berbeda. Penjual perlu mengetahui betul bentuk iklan yang diperbolehkan pada media tersebut. Cantumkan iklan dengan cara yang efektif. Buat isi iklan tertata sehingga mudah dibaca oleh pembeli.

Penjual dapat menggunakan bahasa dan cara pembahasan yang singkat dan padat. Bila media iklan cukup leluasa untuk penambahan informasi lain, penjual dapat menggunakan bahasa penulisan yang lebih persuasif. Yang terpenting, bahasa yang digunakan mudah dimengerti oleh pembeli.

Cara Penentuan Harga Tanah 

Mengecek Harga Di sekitar Lokasi Tanah

Penjual pemula mungkin kesulitan menentukan harga jual dari tanah yang dimiliki. Untuk itu, penjual dapat memeriksa harga jual tanah di sekitar lokasi. Harga jual tersebut bisa menjadi salah satu patokan untuk menentukan harga jual dari tanah.

Selain mengecek secara langsung, penjual juga dapat melihat kisaran harga tanah melalui tagihan pajak PBB. Tagihan pajak biasanya memuat informasi mengenai NJOP. Penjual dapat melihat nilai yang tertera pada NJOP. Kemudian menaikkan nilainya sekitar 2 sampai 3 kali lipat. Mengapa demikian? Sebab harga pada NJOP merupakan nilai minimal penjualan dari tanah.

Keunggulan dan Kekurangan dari Lokasi Tanah Dijual

Penentuan harga jual tanah harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari tanah tersebut. Penjual harus mengetahui kelebihan apa yang dimiliki tanah tersebut, apakah tanah berada di lokasi strategis, mudah dijangkau, kondisi di sekitar tanah, dan lainnya.

Penjual juga perlu mempertimbangkan apakah kekurangan dari tanah yang dijual. Kekurangan dapat berupa luas, kondisi tanah, bentuk lokasi tanah, dan lainnya. Pertimbangan dalam hal-hal tersebut akan memudahkan penjual mematok harga yang pas dengan kondisi nyata dari tanah yang akan dijual.

Harga Beli Sebelumnya

Apabila penjual dulunya membeli tanah yang akan dijual dengan harga tertentu. Penjual dapat memasang harga dengan mempertimbangkan harga beli sebelumnya. Harga tanah kebanyakan akan mengalami pertambahan nilai seiring berjalannya waktu. Sehingga pastikan harga jual punya nilai lebih tinggi daripada saat penjual membeli tanah tersebut.

Penjualan tanah menjadi lebih lancar dan mudah jika penjual mengetahui cara yang tepat. Penjual dapat melakukan promosi tanah, memahami kondisi tanah, mempersiapkan dokumen tanah dan lain sebagainya. Pembuatan iklan harus memuat hal penting seperti harga, kontak, kondisi tanah, dan informasi lain. Penetapan harga jual tanah sebaiknya mempertimbangkan harga sekitar, harga beli, dan lokasi tanah.

Baca Juga: Buat Keluarga dan Pasangan Baru yang Ingin Punya Rumah? Simak Dahulu Tips Menarik Membeli Rumah

 

Related posts

Cara Merawat Rumah Tanpa Harus Menghabiskan Banyak Uang

Tak sedikit orang yang mengidamkan punya rumah yang besar dan bagus. Keinginan tersebut sebenarnya...

Continue reading

Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi?

Lebih Murah Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi? Simak Perbandingannya Berikut Ini Rumah adalah...

Continue reading

Tips Memiliki Rumah Impian Di Usia 20-an

Strategi Jitu Memiliki Rumah Impian di Usia 20-an Rumah atau hunian adalah salah satu aset...

Continue reading

Join The Discussion