fbpx

Compare Listings

7 Tantangan Utama dalam Memulai Bisnis Properti di Indonesia

7 Tantangan Utama dalam Memulai Bisnis Properti di Indonesia

Memulai bisnis properti di Indonesia secara teori mungkin tidak sulit, namun praktiknya tidak semudah itu. Lebih mudah untuk mengucapkan daripada melakukannya. Properti memang merupakan pilihan investasi dengan balik modal yang jumlahnya bisa lebih tinggi, namun persiapannya membutuhkan proses yang panjang.

Tidak sedikit pebisnis serta investor yang mengalami kendala besar saat akan memulai sebuah bisnis propert di Indonesia. Oleh karena itu, sebelum memulainya, coba simak beberapa tantangan yang paling umum dihadapi oleh para investor, seperti berikut ini.

Persiapan Modal Serta Kondisi Pasar Properti

Membutuhkan Modal Besar

Barangkali kendala yang paling umum bagi investor properti baru adalah aspek keuangan. Sebab, properti membutuhkan modal yang relatif lebih besar daripada jenis investasi lainnya, kadang membuat orang kesulitan untuk mendapatkan uang sebanyak itu.

Kalau Anda ingin berinvestasi di bidang properti, maka ingat bahwa uang mukanya minimal harus sebesar 20%. Jika tidak, Anda mungkin akan sulit memulai bisnis properti karena tidak tersedianya modal yang memadai.

Permintaan Pasar Tidak Menentu

Dengan seluruh ketidakpastian ekonomi saat ini, Anda mungkin menyadari bahwa pertumbuhan pasar tidaklah stabil. Hal tersebut juga tidak terkecuali investasi untuk bisnis properti. Inilah sebabnya beberapa investor menjadi skeptis untuk berinvestasi.

Mereka berpikir demikian karena investasi properti memang membutuhkan modal yang besar. Kondisi ekonomi yang lesu menjadi penyebab para investor tidak ingin mengambil risiko kehilangan dana mereka, saat digunakan untuk bisnis properti di Indonesia

Kurangnya Wawasan Tentang Investasi Properti

Membeli properti bukan hanya sekedar jual beli biasa. Saat kita membicarakan tentang properti, maka ada proses tertentu yang memerlukan keahlian para profesional, seperti agen real estat, pengacara, surveyor, dan lain-lain. Jadi, kalau Anda tidak terbiasa dengan bisnis ini, maka Anda mungkin akan kewalahan.

Cara terbaik untuk mengatasi tantangan ini adalah dengan merekrut tenaga profesional, yang dapat menyelesaikan semua pekerjaan terkait bisnis properti untuk Anda. Dengan begitu, kemungkinan Anda untuk mendapatkan penawaran terbaik di pasar juga akan meningkat.

Melikuidasi Properti Investasi

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di properti real estat, maka uang Anda akan terikat. Artinya, Anda tidak bisa melikuidasi kapan saja ketika Anda membutuhkan uang. Itu sebabnya, ingatlah bahwa Anda harus menunggu waktu yang tepat untuk menjual properti.

Di samping itu, Anda juga perlu menerapkan strategi yang tepat dalam menjual properti tersebut. Sebab, penjualan juga masih mungkin mendatangkan kerugian, jika Anda tidak memiliki strategi yang tepat sasaran dalam penjualan tersebut.

Proses Manajemen Properti

Manajemen Properti Sangat Rumit

Meskipun tantangan ini biasanya baru datang setelah pembelian properti, Anda perlu tahu bahwa mengelola bisnis properti benar-benar membutuhkan kerja keras. Anda harus bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen properti, termasuk perbaikan dan pemeliharaan.

Di samping itu, Anda juga perlu mengelola aspek keuangan dan administrasi bisnis Anda. Jika Anda ingin pekerjaan tersebut selesai dengan lebih cepat dan akurat, maka akan lebih baik bila Anda menyewa jasa seorang profesional manajemen properti.

Selain itu, Anda pun dapat menggunakan software khusus manajemen properti, sehingga memudahkan Anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Ini akan sangat membantu sehingga membuat Anda jadi tidak terlalu stres.

Prosesnya Sangat Menyita Waktu

Tantangan lainnya saat memulai bisnis properti adalah keseluruhan prosesnya dari awal hingga akhir membutuhkan waktu yang lama. Tidak mudah untuk membeli properti yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda tidak mungkin bisa langsung mendapatkannya dalam sekejap.

Lagipula, ada begitu banyak properti yang dapat Anda pilih. Anda memang dapat menyewa agen properti untuk memudahkan Anda sendiri. Namun, perlu Anda ingat bahwa proses ini sebenarnya bisa memakan waktu yang lebih lama.

Sebab, jika menggunakan agen, maka agen tersebut harus bolak-balik untuk menyampaikan permintaan Anda kepada penjual, dan meminta persetujuan Anda terlebih dulu untuk berbagai keputusan.

===========================

Sebelum Memulai bisnis properti Di Indonesia, Ayo Cari Perbandingan Harga Properti DISINI

==========================

Tantangan Saat Menjalankan Bisnis Properti di Indonesia

Mempekerjakan Staf Berkualitas

Staf Anda bisa jadi membawa kemajuan atau kemunduran dalam bisnis properti Anda. Merekrut dan mempertahankan staf yang benar-benar berkualitas adalah tantangan terbesar di lapangan nantinya.

Umumnya, kandidat berkualitas yang ada di pasar jumlahnya kurang, sementara permintaan rekrutmen tinggi. Solusinya, coba Anda lihat lagi staf yang kini Anda miliki. Sebab, bisa jadi di antara mereka ada talenta-talenta terbaik yang masih tersembunyi.

Meningkatkan Pendapatan

Tantangan ini juga sangat sulit dalam bisnis properti di Indonesia. Tentu tujuan Anda adalah meningkatkan pendapatan, namun hal tersebut tidak mudah. Apalagi, jika tidak dapat menaikkan pendapatan, maka bisnis Anda mungkin akan bangkrut. Namun, jika ingin properti Anda terus berkembang, peningkatan pendapatan adalah prioritas yang perlu dicapai.

Perawatan dan Perbaikan Tidak Terduga

Kejadian tidak terduga amat sangat berisiko buruk terhadap keadaan. Hal tersebut pasti akan terjadi, hanya saja kita tidak tahu kapan. Kerusakan properti dan biaya pemeliharaan tidak terduga termasuk dalam tantangan terbesar bisnis ini. Usaha Anda bisa dikatakan sukses jika siap dalam mengantisipasi kejadian tersebut.

Kesimpulan

Berbagai tantangan dalam memulai serta menjalankan usaha properti, juga bisa terjadi pada bisnis lainnya. Namun, kunci utama keberhasilan bisnis Anda tidak lain adalah sumber daya manusia (SDM) atau staf yang berkualitas. Jika Anda bisa mempertahankannya, bisnis Anda berpeluang untuk terus berkembang.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan perekrutan karyawan secara profesional sejak awal. Buat kualifikasi yang detail dan terapkan dalam merekrut karyawan. Jangan lupa untuk senantiasa memberikan evaluasi, serta pelatihan kepada karyawan, agar seluruh staf Anda memiliki

Baca Juga: Keren Abis! Ini Dia Pilihan Desain Unik Untuk Renovasi Rumah yang Kekinian Banget!

Referensi: lima-penguasa-bisnis-properti-terbesar-di-indonesia

Join The Discussion