fbpx

Compare Listings

Simak Tips Beli Rumah yang Cocok untuk Pengantin Baru

Simak Tips Beli Rumah yang Cocok untuk Pengantin Baru

Memiliki rumah merupakan idaman setiap orang. Siapapun ingin memiliki rumahnya sendiri, terlebih karena fungsinya sebagai tempat berkumpulnya keluarga, istirahat dan menikmati kehidupan yang nyaman. Pun dengan Anda yang ingin berkreasi dengan dekorasi dan interior bangunan tersebut tidak perlu lagi merasa terganggu serta terbebani sebab rumah tersebut sudah menjadi milik sendiri.  Nah, jika Anda adalah pasangan baru saja menikah dan berencana memiliki rumah pertama dalam waktu dekat, maka ada beberapa tips beli rumah yang bisa Anda ikuti agar bisa mendapatkan hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan keluarga baru Anda.

Tips Beli Rumah Baru

Lihat Di mana Lokasi Bangunan Berada

Ini adalah salah satu tips beli rumah yang paling penting.  Saat membeli rumah baru, setidaknya perhatikan di mana lokasi bangunan tersebut berada. Jika terletak di tempat yang strategis, tentu harganya akan lebih tinggi, namun memiliki keuntungan berupa akses jalan yang mudah, seperti dekat dengan perkantoran, rumah sakit, sekolah atau pusat perbelanjaan.

Setelah diketahui di mana lokasinya, maka agar Anda tidak salah membeli rumah, sebaiknya juga tinjau langsung lokasi tersebut, dan pastikan tempatnya sesuai dengan deskripsi yang sudah disampaikan oleh penjual rumah.

Perhatikan Ukuran Rumah

Menentukan ukuran rumah yang ingin dibeli merupakan langkah utama yang harus dilakukan, sebab rumah ini nanti tidak hanya akan dihuni oleh Anda dan pasangan saja, tapi cepat atau lambat, anak-anak Anda nanti juga akan bergabung bersama Anda. Anda perlu mempersiapkan dan mempertimbangkan kenyamanan mereka juga.

Akan lebih baik, jika Anda bisa memilih rumah dengan ukuran yang lebih besar, umumnya rumah dengan tipe 36 dan tipe 45 merupakan rumah paling ideal untuk pasangan baru ditambah satu atau dua anak mereka. Tapi rumah dengan tipe 30 juga masih layak, asalnya memiliki 2 lantai.

Lihat Kelayakan Interior dan Isi Rumah

Jika Anda memilih rumah jadi, perhatikan apakah rumah tersebut berada dalam kompleks perumahan atau kompleks rumah biasa yang telah dilengkapi perabotan, misalnya furnitur, internet atau dapur.  Umumnya, semakin lengkap perabotan tersebut maka akan semakin mahal pula harganya, namun kualitas perabot yang diberikan belum tentu sesuai dengan Anda.

Jadi, periksa dulu kualitas dan kebutuhan Anda akan perabotan tersebut, lalu bandingkan jika Anda memilih rumah tanpa perabot. Apabila kelengkapan perabotnya justru menjadi tidak terpakai, maka lebih baik pilih rumah kosong.

Periksa Keamanan Lingkungan Sekitar Rumah

Jika Anda memilih rumah di kawasan dengan tingkat keamanan tinggi, seperti gerbang masuk yang dijaga 24 jam dan dilengkapi kamera pengintai, maka Anda tidak perlu khawatir lagi soal keamanan lingkungannya. Tetapi, jika Anda memilih rumah di luar komplek tersebut, maka pilihlah lingkungan yang mengadakan sistem jaga malam atau ronda agar keamanan lingkungan rumah Anda juga terjaga.

Periksa Klarifikasi Kepemilikan Tanah dan Bangunan

Jika Anda berniat membeli rumah baru, maka pilihlah rumah yang dilengkapi sertifikat legal, baik tanah ataupun bangunannya. Hal tersebut berguna untuk menghindari adanya sengketa tanah yang nantinya akan merugikan Anda. Dengan kepemilikan sertifikat legal tersebut, maka Anda pemilik sah dari rumah yang nantinya Anda tempati.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan ingin membeli rumah. Selain melihat kondisi lingkungan, keamanan, dan kelengkapan perabotnya, Anda juga perlu tahu jenis rumah apa yang sesuai dengan Anda. Ada beberapa jenis rumah yang bisa dipilih, diantaranya:

==================

Mau cari rumah idaman? ikuti tips beli rumah baru dan cari disini : RUMAH DIJUAL  

==================

Jenis-Jenis Rumah Tinggal

Rumah Tinggal Tunggal

Rumah tinggal tunggal atau Detached disebut sebagai rumah yang berdiri sendiri dan terpisah dari rumah lainnya. Jenis rumah ini umumnya dibangun di atas tanah yang luas dan dikelilingi oleh pekarangan, taman atau hutan. Contoh dari jenis rumah ini adalah Villa, Bungalow, Mansion dan Cottage.

Rumah Tinggal Koppel

Rumah Tinggal Koppel atau semi detached, merupakan rumah tinggal tunggal yang disekat oleh dinding  dan dipisahkan dengan ukuran serta desain yang sama antara kiri dan kanan. Meskipun terlihat seperti 1 bangunan, tapi rumah tersebut sebenarnya terdiri atas 2 kepemilikan dengan detail dan jenis bangunan yang didesain menggunakan konsep serupa.

Rumah Tapak

Rumah tapak merupakan rumah yang langsung menapak tanah. Awalnya rumah jenis ini dibangun terpisah dengan rumah lainnya, namun karena masalah minimnya lahan, maka rumah tersebut mulai dibangun berdampingan dan berderet dengan rumah lain.

Rumah Kota

Rumah kota atau town house merupakan rumah gandeng yang disebut dengan apartemen horizontal, karena bentuk bangunan rumah-rumah tersebut persis dari ujung satu ke ujung lainnya, baik tampilan dalam maupun luar rumah. Umumnya, di komplek rumah ini disediakan fasilitas umum seperti taman, mini market, tempat ibadah dan fasilitas lain yang bisa digunakan oleh semua penghuni.

Cluster

Cluster merupakan komplek perumahan yang didirikan di suatu lingkungan secara berkelompok dengan bentuk dan desain yang serasi. Di lingkungan perumahan ini, umumnya memiliki beberapa rumah dengan tipe sama, sekaligus dilengkapi fasilitas umum untuk seluruh warga yang tinggal di perumahan ini.

Apartemen

Apartemen merupakan rumah yang dibangun karena keterbatasan lahan di perkotaan. Umumnya, jenis rumah ini disusun secara vertikal, yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan perabot seperti rumah mewah. Letak dari bangunan ini sendiri biasanya ada di wilayah tengah kota, dekat dengan perkantoran atau pusat kegiatan lain.

Itulah beberapa jenis rumah yang bisa Anda pilih selepas menikah. Namun, jika Anda belum siap membeli rumah dan baru merencanakannya saja, maka sebaiknya jangan terlalu lama berpikir serta menimbang-nimbang, karena mengingat harga rumah yang semakin tahun semakin tinggi. Jadi, Anda jangan terus-menerus menunda membeli rumah ini.

Demikian tips beli rumah yang bisa anda ikuti agar bisa memperoleh rumah idaman

Baca Juga:  Keren Abis! Ini Dia Pilihan Desain Unik Untuk Renovasi Rumah yang Kekinian Banget!

Related posts

Cara Merawat Rumah Tanpa Harus Menghabiskan Banyak Uang

Tak sedikit orang yang mengidamkan punya rumah yang besar dan bagus. Keinginan tersebut sebenarnya...

Continue reading

Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi?

Lebih Murah Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi? Simak Perbandingannya Berikut Ini Rumah adalah...

Continue reading

Tips Memiliki Rumah Impian Di Usia 20-an

Strategi Jitu Memiliki Rumah Impian di Usia 20-an Rumah atau hunian adalah salah satu aset...

Continue reading

Join The Discussion