fbpx

Compare Listings

Buat Keluarga dan Pasangan Baru yang Ingin Punya Rumah? Simak Dahulu Tips Menarik Membeli Rumah

Buat Keluarga dan Pasangan Baru yang Ingin Punya Rumah? Simak Dahulu Tips Menarik Membeli Rumah

Rumah menjadi hal pertama yang diidamkan pasangan maupun keluarga baru. Kebanyakan dari mereka yang sedang awal membangun rumah tangga, biasanya memilih tinggal di kontrakan. Bagi yang sudah punya modal untuk membeli rumah maupun yang sedang berusaha mengumpulkan dana untuk membeli rumah. Berikut ini ada tips membeli rumah berguna yang bisa diikuti.

Tips Membeli Rumah yang Nyaman dan Layak untuk Dihuni

Kualitas Bangunan

Saat membeli rumah periksa bangunan dengan teliti. Periksalah bagian ruangan yang lembab, untuk melihat ada tidaknya noda atau kebocoran. Sebab, bercak pada dinding atau bagian yang lembab menandakan bagian tersebut tidak dibuat dengan benar dan rentan mengalami kerusakan.

Lihatlah bagian langit-langit, ada kalanya bagian ini tidak terpasang dengan baik dan mudah rapuh. Tanyakan pada pemilik rumah atau agen yang menjual tentang bahan pembuat langit-langit. Serta tanyakan apakah pernah terjadi kerusakan pada bagian tersebut. Pastikan semua bagian rumah tidak ada retakan, karena retakan dapat makin membesar sehingga membutuhkan biaya perbaikan.

Lokasi Rumah

Pemilihan lokasi jadi hal yang perlu diperhatikan. Lokasi rumah yang strategis memang punya harga yang lebih mahal dari rumah yang lokasinya sedikit jauh. Rumah strategis umumnya mudah di akses dan dekat dengan area penting. Membeli rumah strategis sebenarnya tidak akan merugikan karena merupakan bentuk investasi jangka panjang.

Bila modal Anda terbatas, maka Anda sebaiknya memilih lokasi rumah sesuai kebutuhan. Lokasi tidak perlu sangat bagus, asalkan sesuai dengan kebutuhan. Taruh kata rumah yang dibutuhkan dekat dengan kantor agar mengurangi biaya maka carilah rumah dalam area tersebut.

Sertifikat Rumah

Pahami peruntukan serta perizinan tanah dan bangunan. Carilah informasi mengenai legalitas rumah yang akan dibeli. Tanyakanlah pada pemilik atau penjual tanah dan bangunan tentang status dan asal usul rumah. Agar di kemudian hari tidak ada permasalahan perizinan yang menyebabkan sengketa. Sehingga menimbulkan gugatan hukum.

Isi Di dalam Rumah

Pertimbangkanlah isi dalam rumah apakah sesuai dengan keperluan atau tidak. Tipe perumahan ada yang menyediakan perabotan rumah dan perlengkapan tertentu. Perabot dan perlengkapan yang disediakan antara lain perlengkapan untuk dapur, furnitur, hiasan, internet, dan lainnya. Ketersediaan tersebut, tentu membawa konsekuensi pada harga rumah.

Masalahnya, terkadang apa yang sudah disediakan di dalam rumah tidak sesuai dengan kebutuhan atau kualitasnya kurang bagus. Pada akhirnya pembeli mungkin tidak memakainya atau harus mengganti dengan yang baru. Daripada hal ini terjadi, lebih baik pilih rumah kosong agar dapat diisi dengan barang serta perlengkapan yang dibutuhkan dengan kualitas yang diharapkan.

Lingkungan Sekitar Rumah

Bila berniat membeli rumah tipe perumahan maka pilihlah yang punya sistem keamanan memadai. Sebab area perumahan seringkali menjadi sasaran pencuri. Tanyakan pada penjual sistem keamanan apa yang diterapkan dan berapa lama pengawasannya. Bila sekiranya pengamanan baik maka rumah tersebut dapat dipertimbangkan.

Rumah yang berada di perkampungan memerlukan perhatian lebih dalam keamanan. Sebab, wilayahnya biasanya cukup luas. Pembeli dapat memperhatikan lingkungan sekitar dan orang-orang yang tinggal di sekitar rumah. Selain itu, tanyakan apakah di kampung tersebut diadakan ronda atau tidak.

Harga Rumah

Apalagi yang lebih dipertimbangkan dalam pembelian rumah selain harga? Sebagai pembeli sebaiknya harga menjadi hal yang sangat diperhatikan. Pertimbangkan apakah harga rumah sepadan dengan lokasi, kualitas rumah, luas tanah, dan lain sebagainya. Jangan mudah memilih rumah dengan harga murah namun mudah rusak, karena pada akhirnya akan ada biaya renovasi yang mungkin cukup besar.

Tips Memulai Menabung untuk Membeli Rumah

Tujuan Menabung

Tetapkan tujuan menabung dengan spesifik dan terarah. Hal ini akan menjadi dorongan tersendiri untuk dapat menabung. Bila tujuan menabung adalah untuk membeli rumah. Maka buatlah sebuah pengingat dan tempelkan pada di suatu tempat yang terlihat. Tuliskan tujuan dengan spesifik, seperti menabung untuk beli rumah di suatu tempat dan rumah yang diinginkan.

Jumlah yang Ditarget

Terkadang orang kurang punya perencanaan matang saat membuat tabungan rumah. Mereka seringkali hanya menyisakan uang untuk ditabung tanpa punya rencana jumlah yang ingin dicapai. Perencanaan ini akan membantu dalam membuat pembatasan dan alokasi keuangan. Karena itu, targetkan jumlah uang yang diharapkan untuk membeli rumah yang diinginkan.

Setelah menetapkan jumlah, jangan lupa untuk memberi batas waktu. Buatlah batas waktu untuk mencapai jumlah uang tersebut dengan melihat anggaran keuangan mulai dari pemasukan dan pengeluaran bulanan. Sehingga bisa diperkirakan jangka waktu yang diperlukan untuk mencapai target tersebut.

Nominal Uang Tabungan Rutin

Selain jumlah tabungan yang ingin dicapai, tetapkan juga batas nominal minimal tabungan setiap waktunya. Bila ingin menabung dalam mingguan atau bulanan maka tetapkan nominal minimal penabungan. Penetapan nominal minimal harus memperhitungkan jumlah uang yang ingin dicapai. Sehingga nominal minimal tersebut akan dapat memenuhi jumlah yang ditargetkan.

Penghematan dan Libatkan Keluarga

Penghematan menjadi langkah yang wajib diambil dalam usaha menabung untuk membeli rumah. Penghematan dapat dilakukan dengan mengatur keuangan. Batasi pengeluaran dengan melakukan prioritas kebutuhan. Kurangi pengeluaran yang dapat ditunda atau bisa dihilangkan. Sekecil apapun penghematan akan sangat bermanfaat untuk menambah tabungan.

Libatkan keluarga atau pasangan baik dalam perencanaan tabungan maupun penghematan. Pastikan bahwa keputusan yang diambil sudah disepakati. Dengan demikian, maka komitmen menabung akan menjadi tanggung jawab bersama.

Membeli rumah bukan menjadi hal yang dibutuhkan tiap keluarga maupun pasangan baru. Supaya rumah yang dibeli nyaman digunakan dan memadai, pertimbangkan lokasi, keamanan, harga, dan lainnya. Jika belum memiliki modal yang cukup, mulailah dengan membuat tabungan yang dikhususkan untuk membeli rumah. Lakukan dengan menetapkan jumlah yang ingin dicapai, nominal menabung, penghematan, dan lain-lain.

Mau Beli Rumah Baru Bisa Cek DISINI 

Baca Juga: Simak Tips Beli Rumah yang Cocok untuk Pengantin Baru

Related posts

Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi?

Lebih Murah Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi? Simak Perbandingannya Berikut Ini Rumah adalah...

Continue reading

Tips Memiliki Rumah Impian Di Usia 20-an

Strategi Jitu Memiliki Rumah Impian di Usia 20-an Rumah atau hunian adalah salah satu aset...

Continue reading

Tanah Dijual Tidak Kunjung Laku? Lakukan 5 Hal Ini!

Tanah Dijual dengan cepat memang bukan hal mudah. Terutama bila cara yang dilakukan tidak benar dan...

Continue reading

Join The Discussion